Potensi Nyata Peluang Usaha Barbershop (Salon Pangkas Rambut Khusus Pria)

Tahukah Anda apakah itu yang dinamai barbershop??? Istilah Barbershop adalah salon pangkas rambut namun dikhususkan untuk kaum adam. Bukan cuma wanita saja saat ini yang seringkali memperhatikan gaya penampilan rambutnya, akan tetapi para lelaki juga sama membutuhkan gaya style penampilan yang oke kece alias keren cekali hehehe. Diawali dari potongan gaya rambut, mencuci rambut atau creambath, pijat refleksi dan juga perawatan tambahan lain yang tentunya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan para kaum pria sebagai target konsumen utama. Semuanya dikupas tuntas dalam Potensi Nyata Peluang Usaha Barbershop (Salon Pangkas Rambut Khusus Pria).

Potensi Bisnis Usaha Babershop Super Menguntungkan

Sebelumnya kebanyakan mereka kaum laki merasa malu dan sungkan jika masuk ketempat salon-salon perawatan yang umumnya untuk wanita pasalnya  takut dikatain feminim, ya maklum sajalah disalon umum tersebut kan kebanyakan para pengunjungnya kaum hawa (Perempuan). Target market pasar dari usaha yang bergerak disalon khusus untuk pria “barbershop” ini sangat jelas dan lebih spesifik. Layanan jasa yang satu ini sengaja khusus untuk ditujukan kepada kaum laki (Anak Adam) yang juga kini sama membutuhkan tren berpenampilan yang kece badai tadi. Dimulai dari para anak–anak, para pelajar, para mahasiswa, para ABG, pria dewasa, para remako (Remaja Kolot) atau Bapak-bapak serta terlakhir para kakek lansia yang menjadi pelanggan utama peluang usaha barbershop ini.

Baiklah, sahabat setia SeribuPeluang.Com simak dan catat jika perlu informasi yang lebih detai mengenai peluang usaha Babershope dibawah ini:

Target Sasaran Pasar

Seperti telah kita sama-sama ketahui, barbershop ini merupakan jenis salon perawatan yang memang dikhususkan buat kaum adam (Pria). Karenanya ketika menjalankan usaha barbershop tersebut Anda dapat membidik target yang sangat potensial yakni seluruh para laki-laki yang ada dikota dimana Anda tinggal. Baik semua itu mulai dari kalangan kanak-kanak, yang sudah remaja, para dewasa, dan bahkan termasuk hingga para lansia (Lanjut Usia).

Info Detail Usaha Barbershop

Untuk bisa memulai jenis peluang usaha layanan jasa yang berikut ini, tidaklah terlalu membutuhkan segala peralatan canggih yang begitu banyak semisal layaknya layanan salon untuk wanita. Semua peralatan kerja yang akan dibutuhkan pada salon pria ini juga relatif tidak begitu banyak serta tidak sulit mendapatkannya. Peralatan itu hanya untuk sekedar alat mencukur saja dan beberapa perlengkapan tambahan untuk pendukung.

Adapun jenis peralatan Babershop yang harus disediakan yakni mesin pangkas rambut, sisir khusus memotong, pisau pencukur bulu halus, handuk yang kecil beberapa buah, kain kap, penyikat potongan rambut, penyemprot air, kuas untuk muka, vidal sisir, gunting ukuran pendek sedang, gunting zigzag serta semprotan air buat membasahi sedikit rambut kepala konsumen.

Sedangkan buat perlengkapan pendukung tambahan yang diperlukan ialah kursi tempat duduk pelanggan, cermin untuk didepan dan belakang, meja yang ada lacinya, lemari untuk penyimpanan peralatan dan juga lampu yang terang khusus pangkas. Sedangkan untuk lokasi usahanya, luas besaran ruangan kerja yang diperlukan minimal kurang lebih 5x8 Meter. Dan kebutuhan lebar ruangan untuk salon babershop mencangkup ruang untuk tunggu antrian giliran, ruangan yang khusus pangkas rambut, ruangan untuk mencuci rambut plus ruang untuk administrasi keuangan diantaranya kasir pembayaran.

Strategi Untuk Pemasarannya (Marketing Strategi)

Sedangkan untuk bisa dan mulai mempromosikan usaha barbershop bisnis Anda ini, dapat dilakukan via beriklan dijejaring sosial atau sosmed seperti facebook, twitter, instagram, maupun dengan cara membuat sejumlah brosur selebaran dan juga pamflet serta baliho yang pastinya berisikan informasi tentang pelayanan usaha jasa di barbershop usaha Anda tersebut. Selain daripada itu supaya konsumen jauh lebih greget lagi ketertarikannya untuk mampir ke salon pangkas rambut Anda, maka pasanglah sebuah "Neon Box" atau spanduk nama outlet barbershop milik Anda tepat dihadapan lapak dimana Anda buka usaha.

Keuntungan Dalam Usaha Jasa Barbershop

Usaha salon yang dikhususkan untuk pria ini mempunyai target market pasar penjualan yang jauh lebih terfokus dan spesifik sekali, sehingga efektivitas segala pelayannya dapat lebih terkonsentrasi. Dari ketika mulai mengumpulkan penunjang alat-alat yang akan dibutuhkan dalam usaha, sampai kepada pemasaran promosi yang tentunya akan dijalankan juga dapat lebih terkonsentrasi untuk kaum anak adam tersebut.

Dan selain hal itu pula, seiring makin ramainya di kota-kota besar Indonesia yang mulai sudah banyak bermunculan barbershop-barbeshop salon pangkas rambut buat pria, maka saat ini pun para kaum pria tersebut sekarang sudah merasa tidak lagi sungkan mendatangi salon-salon babershop guna merapikan style penampilan diri mereka. Situasi semacam ini pastinya sangatlah menggembirakan sekaligus menguntungkan sekali buat para pengelola barbershop tentunya, sebab sekarang ini menurut data perhitungan negara maupun swasta jumlah penduduk berkelamin laki-laki dinyatakan dua hingga 5 kali lipatnya lebih banyak ketimbang Perempuan. Bahkan dalam riwayat hadist agama Islam diakhir zaman nanti perbandingan penduduk pria dan wanita ialah 50 banding 1. wow potensial sekali bukan?

Kendala Di Usaha Salon Barbershop

Perkembangan gaya model tren rambut para pria kian hari terbilang mengalami perubahan yang super cepat sekali, sehingga terkadang hal demikian harus memaksa kerja keras yang berlebih bagi para pekerjanya tersebut, untuk bisa terus selalu update informasi pengetahuan wawasan dan juga keterampilan diri dalam perihal urusan pangkas memangkas rabut dan serta perawatannya. Langkah ini salahsatu strategi yang sangatlah super penting, bila usaha Anda ini tidak mau bangkrut karena kalah dalam bersaing oleh salon barbershop yang baru milik orang lain dan mulai banyak sekali bermunculan dimana-mana.

Tips Meraih Sukses Usaha Babershop

Tips supaya usaha babershop milik Anda tidak sampai kalah dalam bersaing sengit dengan para pengusaha barbershop yang lainnya, maka berikan sejumlah pelayanan ekstra prima buat para palanggan Anda. Karena jika para pelanggan itu puas dan senang dengan pelayanan babershop Anda dilain hari mereka pun akan datang lagi sambil mengajak temannya ke usaha salon pangkas rambut punya Anda tersebut, contoh yang sudah umum yakni memberikan pelayanan dengan full senyum dan keramahan berbicara, ditambah lengkapnya model gaya rambut yang banyak pilihan sehingga para pelanggan bisa bebas menjatuhkan pilihan model rambut yang cocok dengan keinginannya. Dengan cara seperti itu usaha dan bisnis salon babershop khusus buat kaum pria ini akan banyak sekali disambangi para calon pelanggan.


Analisa Perangkat Dalam Hal Ekonomi

Modal Usaha Awal

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Alat pangkas rambut modern sekitar Rp4.000.000,- (Empat Juta Rupiah). Tergantung Merk, ada juga yang lebih murah.
  • Kain kap + penyikat rambut Rp300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah)
  • Bangku dan kursi pangkas rambut khusus Rp3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah)
  • Cermin Kaca Rp500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupah). Bisa lebih karena harus beli dua untuk depan dan belakang.

Jumlah semuanya Rp7.800.000,- (Tujuh Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah)

  • Renovasi lapak toko usaha senilai Rp2.000.000,- (Dua Juta Rupiah, bisa lebih)
  • Jumlah seluruh modal usah awal berkisar Rp9.800.000,- (Sembilan Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah)
  • Biaya menyusutnya peralatan (Masa penggunaan peralatan selama empat tahunan, dan residu nilainya Rp1.000,-)
  • Biaya menyusutnya alat pertahun : (Rp7.800.000 – Rp1.000) : 4 (Tahun) = Rp 1.949.750,- (Satu Juta Sembilan Ratus Empat Puluh Sembilan Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Rupiah)
  • Biaya menyusutnya alat perbulan Rp1.949.750,- : 12 (bulan) = Rp162.479,- (Seratus Enam Puluh Dua Ribu Empat Ratus Tujuh puluh Sembilan Rupiah)
  • Biaya untuk operasional perbulan, Sewa lokasi usaha (8 juta pertahun : 12 (bulan) ) = Rp667.000,- (Enam Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Rupiah)
  • Biaya untuk perlengkapan plus kulakan untuk shampoo dan tambahan bahan pendukung lainya senilai Rp2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)
  • Biaya promosi iklan Rp500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Biaya Listrik plus biaya telepon sekitar Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah)
  • Gaji bulanan pegawai bagian pangkas rambutnya Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah, sesuaikan dengan omset dan beri gaji yang layak sesuai UMR, angka ini hanya contoh saja)
  • Biaya menyusutnya peralatan sebanyak Rp162.479,- (Seratus Enam Puluh Dua Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Sembilan Rupiah, bisa juga lebih)

Jumlah total semuanya Rp5.329.479,- (Lima Juta Tiga Ratus Dua Puluh Sembilan Ribu Empat Ratus Tujuh Sembilan Rupiah)

Omzet penjualan perbulan

  • Biaya jasa pangkas rambut perkepala Rp10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah, sekarang mungkin 15ribu hingga 20ribu rupiah)
  • Biaya jasa creambath seharga Rp30.000,- (Tiga Puluh Ribu Rupiah)

Pendapatan dalam perbulannya :

  • Pangkas rambut "Rp10.000,- x 20 orang x 26 (hari)" = Rp5.200.000,- (Lima Juta Dua Ratus Ribu Rupiah)
  • Harga jasa Creambath "Rp30.000,- x 3 orang x 26 (hari" = Rp2.340.000,- (Dua Juta Tiga Ratus Empat puluh Ribu Rupiah)
  • Total pendapatan omzet untuk perbulannya sejumlah Rp7.540.000,- (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Empat Puluh Ribu Rupiah)

Laba dan Rugi perbulan:

  • Rp7.540.000 – Rp5.329.479 = Rp2.210.521,- (Dua Juta Dua Ratus Sepuluh Ribu Lima Ratus Dua Puluh Satu Rupiah)

Return of Investment atau ROI

  • (Modal usaha awal : keuntungan bersih tiap bulan) =  Rp4.500.000,- perbulan (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

Melihat keuntungan dari usaha babershop ini yang lumayan besar, maka gak ada juga salahnya jika Anda coba untuk memilih dan menjalankan bisnis pangkas rambu priat (barbershop) tersebut sebagai ladang untuk menjemput rezeki yang cepat dan pastinya menjajikan. Cukup seklian dan terimakasih jayalah selalu UKM diseluruh Indonesia!

Advertisement

Subscribe to receive free email updates: