7 Bisnis Makanan Jajanan Ringan yang Paling Digemari Banyak Orang

Ada cukup terdapat banyak sekali peluang bisnis makanan bermodal kecil yang dapat Anda jadikan sebagai sarana belajar dalam berbisnis dilangkah awal. Kita bisa mengalawai dengan menjual aneka makanan sederhana atau jajanan ringan yang paling banyak sekali digemari oleh masyarakat sekitar dari mulai anak-anak, remaja, desawa hingga orang tua.

Pastinya tanpa memerlukan banyak sekali pengeluaran modal usaha yang besar, maka dari itu berikut kami sajikan 7 peluang bisnis makanan jajanan ringan yang kerapkali selalu kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak bersama!

Peluang Bisnis Makanan Jajanan Ringan Yang Sangat Menguntungkan

#1."Tahu Bulat"

"Tahu bulat" ini masih menjadi peluang bisnis makanan jajanan ringan yang cukup menjanjikan sekali. Anda dapat buktikan dan saksikan sendiri disejumlah kota tujuan wisata yang banyak menjual makanan berbahan tahu ini. Bahkan juga para pedagang dari "Tahu Bulat" sampai sekarang ini telah merambah dan menyebar hingga kepelosok-pelosok perkampungan yang jauh dari hingar bingar kendaraan.

Hal yang biasanya dilakukan para pedagang makanan atau jajanan "Tahu Bulat" ini menjajakan produk jualan makanannya melalui sebuah mobil jenis pick up angkut barang. Dan mereka ini beraksi menjual semua dagangannya itu dengan cara dadakan.

Akan tetapi bagi sebagian pedagang jajanan ini yang tidak memiliki mobil mereka mulai untuk berjualannya dengan cara memperggunakan Motor yang di modif atau juga sepeda yang juga dimodif ditambahkan gerobak bongkar pasang dibelakangnya. Namun ada sebagiannya lagi berjualan dengan cara menjajakan dagangannya di depan halaman maupun depan pintu rumahnya.

Nah Anda pun bisa memilih  mau berjualan mempergunakan mobil pick up terbuka yang dimodif pake terpal atasnya biar gak kepanasan dan gak kehujanan, pakai motor juga boleh atau buat yang modalnya pas-pasan bisa berjualan didepan halaman sekitar rumah yang sekiranya mudah dilihat orang berlalu-lalang. Kemudian Anda bisa pasang harga jual goreng "Tahu Bulat" tadi Rp500,- (Lima Ratus Rupiah) perbijinya.

Modal permulaan
  • Gerobak Dorong = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  • Peralatan Untuk Memasak = Rp.3.000.000,- (3 Jutaan)
  • Dana operasional tiap bulan = Rp.1.000.000,- (1 Jutaan)
  • Total Semuanya = Rp.6.000.000,- (6 Jutaan)
Omzet penjualan perharinya
300 biji tahu terjual x Rp.500,- (Lima Ratus Rupiah = Rp.150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) perhari

Keuntungan yang diperoleh perbulan
Omzet penjualan – daya operasional kerja = Rp.4.500.000,- (4,5 juta) – Rp.1000.000 (1 Juta_ = Rp.3.500.000,- (3,5 Juta)

#2.Pisang berlapis cokelat

Camilan ringan berikut ini bisa dibilang memang tak ada padamnya. Makanan perpaduan buah pisang dan cokelat ini pun biasa sering dikonsumsi sebagai hidangan pelengkap makan berat yakni untuk cuci mulut gitu deh. Dan ternyata, saat sekarang ini tingkat kepopuleran pamornya kian menjadi sehingga menjelma jadi sebuah makanan wajib yang semakin banyak diburu oleh para pencinta kuliner.

Modal permulaan
  • Gerobak dorong = Rp.2.000.000,0 (Dua Jutaan)
  • Peralatan untuk masak = Rp2.000.000,- (Dua Jutaan)
  • Daya operasional setiap bulan = Rp.1.000.000 (Satu Jutaan)
  • Total keseluruhan = Rp.5.000.000,- (Lima Juta Rupiah)
Omzet penjualan perharinya
100 pcs piscok x Rp.2.000,- = Rp.200.000,- (Perhari)

Keuntungan tiap bulan
Omzet penjualan – Diaya operasional kerja = Rp.6.000.000,- (6 Juta) – Rp.1.000.000,- (1 Juta) = Rp.5.000.000,- (5 Jutaan)


#3.Goreng Seblak

Tak dapat disangka-sangka, makanan sederhana yang dibuat dari bahan krupuk sesudah dimasukan dalam rendaman air yang panas sampai melunak ini menjadikannya kuliner khas yang difavoritkan dewasa ini. Bahkan uniknya banyak sekali pedagang kreatif yang giat menciptakan sejumlah kreasi beraneka rasa berbeda-beda dari camilan seblak krupuk ini.

Di kota Bogor contohnya, banyak sekali para pedagang kecil yang menjajakan seblak dari ceker ayak, seblak dari makaroni dan kalah uniknya dibuat juga seblak dari sosis daging. Dengan biya permodalan yang cukup murah sekali, bisnis rumahan anek seblak krupuk dan kreasi lainnya ini dapat mendatangkan nilai keuntungang yang melimpah.

Modal perawalan
  • Gerobak dorong atau bongkar pasang = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  • Alat-alat memasak = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  •  Dana operasional tiap bulan = Rp.1.000.000,- (1 Jutaan)
  • Total semuannya = Rp.5.000.000,- (5 Jutaan)
Omzet penjualan perhari
30 mangkok xRp.5.000,- = Rp.150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) perhari

Keuntungan yang didapatkan perbulan
Omzet penjualan – Dana operasional Kerja = Rp4.500.000,- (4,5 Juta) – Rp.1.000.000,- (1 Juta) = Rp3.500.000,- (3,5 Jutaan)

#4. Cireng Atau Aci Digoreng

Cireng singkatan dari aci yang digoreng menjadi jajanan camilan ringan yang lumayan banyak sekali disukai orang terutama orang Bandung dan Jawa Barat. Camilan sederhana ini pun bisa dijadikan peluang bisnis makanan ringan yang sangat bisa Anda lakukan dirumah. Anda bisa menjual aneka jenis rasa baru yang dimulai dari jajanan cireng rasa kornet, rasa daging, rasa abon, rasa oncon serta rasa isi yang lainnya. Biaya modal usaha untuk berjualan cireng ini relatif sangat murah sekali dan juga untungnya lumayan besar.

Modal permulaan
  • Gerobak kayu = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  • Alat perangkat masak = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  • Dana operasional tiap bulan = Rp.1.000.000,- (1 Jutaan)
  • Total semua = Rp.5.000.000,- (5 Jutaan)
Omzet penjualan perhari
150 buah x Rp.1.500,- = Rp.225.000,- perhari

Keuntungan usaha ini perbulannya
Omzet penjualan – Dana operasional kerja = Rp.6.750.000,- (6,75 Juta) – Rp.1.000.000,- (1 Juta) = Rp.5.750.000,- (5,75 juta)

#5. Jajanan Cilok

Bahan utama jajanan cilok ini atau singkatan dati aci yang dicolok tidak jauh bedanya dari jajanan cireng dipoin ke-4. Namun perbedaanya terletak pada cara membuat saja yakni dikukus lalu disajikan dengan cara ditusuk memperggunakan tusuk kayu yang biasa dipakai untuk sate. Dan sementara untuk bumbunya dibuat dari sambal saus dari kacang plus kecap manis. Berjualan cilok yang gurih kenyal ini sangatlah mudah sekali karena tidak memerlukan peralatan yang banyak.

Modal permulaan
  • Gerobak kayu = Rp.2.000.000,- (2 Juta)
  • Alat masak = Rp.2.000.000,- (2 Juta)
  • Dana operasional tiap bulan = Rp.1.000.000,- (1 Juta)
  • Total Semuanya = Rp.5.000.000,- (5 Juta)
Omzet penjualan perhari
300 butir x Rp.500,- = Rp.150.000,- perhari

Keuntungan bisnis perbulan
Omzet penjualan – Dana operasional kerja = Rp.4.500.000,- (4,5 Juta) – Rp.1.000.000,- (1 Juta) = Rp3.500.000,- (3,5 Juta)

#6. Camilan aneka Gorengan

Peluang bisnis camilan makanan jajanan ringan yang tidak bakal akan ada hilang pamornya ialah aneka gorengan. Di Indonesia Hampir semua orang menggemari gorengan ini. Makanya tidaklah heran jikalau tukang jualan gorengan semisal gehu, tempe, bala-bala termasuk cireng dll yang jualan dipinggiran jalan ramai selalu saja laris habis dibeli orang-orang.

Modal permulaan
  • Gerobak kayu = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  • Alat-alat untuk proses masak = Rp.2.000.000,- (2 Jutaan)
  • Dana operasional tiap bulan = Rp.1.000.000,- (1 jutaan)
  • Total semuanya = Rp.5.000.000,- (5 Jutaan)
Omzet penjualan perhari
300 buah x Rp.500,- = Rp.150.000,- perhari

Keuntungan tiap bulan
Omzet penjualan – Dana operasional kerja = Rp.4.500.000,- (4,5 Juta) – Rp.1.000.000,- (1 Juta) = Rp.3.500.000,- (3,5 Juta)


#7. Sosis daging bakar

Anda termasuk orang yang suka sekali makan jajanan sosis daging bakar dipinggiran jalan pusat kota bersama teman atau pasangan? Ach, kalo bisa jangan terus-terusan jadi tukang beli aja dong. Lain kali cobain deh jadi seorang penjualnya gitu biar cuma sesekali. Kan itu lumayan juga soalnya pelanggan dari sosis daging bakar tadi teh banyak sekali loh.

Nah kawan, berjualan sosis daging bakar tersebut menjadi sebuah peluang bisnis makanan jajanan ringan kecil-kecilan tapi cukup menjanjikan sekali lho. Sementara untuk modal usahanya pun tidaklah harus besar sekali kok.

Modal permulaan
  • Gerobak kayu = Rp.2.000.000,- (2 Juta)
  • Alat masak lengkap = Rp.2.000.000,- (2 Juta)
  • Dana operasional tiap bulan = Rp.1.000.000,- (1 Juta)
  • Total keseluruhan = Rp.5.000.000,- (5 Juta)
Omzet penjualan perhari
60 sosis x Rp.5.000,- = Rp.300.000,- perhari

Keuntungan tiap bulannya
Omzet penjualan – Dana operasional kerja = Rp.9.000.000,- (9 Juta) – Rp.1.000.000,- (1 Juta) = Rp.8.000.000,- (8 Juta)

Nah demikianlah tujuh jenis peluang bisnis makanan jajanan ringan yang dapat Anda coba aplikasikan untuk menambah penghasilan. Analisa dari perhitungan yang kami sebutkan diatas hanyalah sekedar contoh permisalannya saja. Anda dapat menghitung kembali analisanya yang sesuai dengan perhitungan juga kebutuhan Anda sendiri. Tertarik untuk mencoba? Go action sekarang juga...!!!
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: