6 Cara Sukses Dalam Memulai Suatu Bisnis

Bila Anda seorang pebisnis atau setidaknya pernah mencoba menjalankan usaha, bisa jadi mungkin Anda sudah tahu bahwa lebih sekitar 70% persentasenya dari setiap jenis bisnis dan usaha yang telah berjalan pernah mengalami kegagalan. Supaya tidak tersesat diperjalanan, ketika mau berbisnis, maka mulailah persiapkan semuanya dengan perencanaan yang matang. Apapun bisnis dan usahanya pasti membutuhkan perencanaan, sebab perencanaan dalam berbisnis ialah peta petunjuk arah sebagai alat pemandu bagi Anda untuk sampai ketempat tujuan. Maka dari itu 6 Cara Sukses Memulai Bisnis dibawah ini diharapkan bisa menjadi jalan solusi untuk Anda pebisnis baru.

Tips Memulai Bisnis

Ini ialah alat dongkrak yang sangat berharga sekali bagi setiap para pemilik sebuah bisnis entah itu Anda atau siapa pun, baik ketika mau memulai, disaat sedang berjalan maupun sudah dalam aktivitas menjalankan suatu jenis usaha selama rentang waktu bertahun-tahun lamanya. Disamping itu pula, duduklah dan mulai tentukan dengan cermat berapa jumlah uang modal yang akan Anda perlukan untuk aksi berinvestasi, jangan lupa tujuan utama dari niat berbisnis Anda itu untuk seumur jagung atau dalam waktu yang panjang, maka rencanakanlah pemasaran marketing dan juga semua perangkat rinciannya dengan mendetail serta matang.

Untuk sekedar memberikan motivasi bagi Anda para pembaca agar bisa meraih sukses di dalam menekuni dunia bisnis, maka Insya Allah laman web blog seribupeluang.com mencoba menyajikan sejumlah tipsnya dibawah berikut, selamat menyimak :

#1. Carilah Mentor (Pembimbing Ahli)

Seperti maklum yang telah kita ketahui bersama banyak sekali mereka yang meraih kesuksesan di dalam proses perjalanan bisnisnya. Tidaklah ada ruginya mencari salah satu mentor berpengalaman dari seorang pengusaha yang telah sukses terlebih dahulu. Anda bisa meminta wejangan atau tips-tipsnya dalam bentuk sebuah bimbingan khusus darinya baik secara online maupun offline. 

Tapi juga bisa pula Anda mencari bala bantuan semisal dari para pengusaha kecil lainya yang sama-sama lagi merintis, atau ke vendor, bisa ke orang ahli yang sudah profesional, ke lembaga milik pemerintah setempat maupun nasional, dan juga bisa juga ke asosiasi yang membindangi khusus perdagangan. Tetaplah waspada, silahkan ajukan setiap pertanyaan pada mereka yang sejatinya akan menjadikan Anda dapat berkembang, lalu pelajarilah setiap sesuatu pengetahuan tentang bisnis sebisa mungkin hingga benar-benar paham.

#2. Kompetitiflah

Jika Anda berpikiran memiliki produk bisnis yang unik, maka ada bagusnya untuk melakukan beberapa analisis mengenai kompetitif pesaing di market pasar. Adapun perkara yang mesti diteliti itu diantaranya semisal produk, promosi,harga,disrtibusi, iklan, kualitas produk dan juga pelayanannya. Temukan apa saja yang menjadikan bisnis Anda itu berbeda jauh dengan para kompetitor. Apakah dari segi layanan, atau harga maupun juga dari segi keahlian dan servis? Apa sajakah itu hasil temuannya, maka manfaatkanlah untuk mendongkrak kemajuan bisnis dab usaha Anda.

#3. Miliki Jaringan Untuk Mengiklankan

Promosi produk lewat pembicaraan mulut konsumen ke calon konsumen merupakan langkah terbaik dalam upaya mengembangkan usaha kita. Agar para konsumen merasa puas dan loyal dengan setiap referensi semua produk bisnis Anda, maka tidak menjadi masalah menawarkan layanan konsultasi secara gratis pada setiap jenis produk yang baru dikeluarkan, demi menjaga reputasi perusahaan dan juga membangun brand merek dagang Anda supaya lebih banyak dikenal. 

Disamping itu pula luangkanlah waktu secukupnya untuk ikut menghadiri sejumlah acara pertemuan seperti sebuah konferensi dunia industri, seminar bisnis atau pameran produk UKM, dll. Sosialisasikanlah semua produk bisnis Anda lalu janganlah lupa untuk selalu menyediakan kartu pengenal khusus (Kartu Nama) untuk Anda bagikan kepada orang-orang yang menghadiri acara tersebut.

#4. Selalu Bersikap Supel Plus Cakap Ketika Berkomunikasi

Ketika Anda berbaur bertatap muka dan saling berkenalan dengan rekan-rekan baru yang dijumpai disetiap pertemuan tadi, mungkin saja Anda memiliki sejumlah hal yang baik tentang bisnis untuk dibicarakan, namun pertanyaannya mampukah diri Anda melakukan komunikasi aktif dan baik dengan lebih menghabiskan banyak waktu bersama mereka? Dan sudikah pula mereka jadi para penyimak yang antusias? 

Oleh sebab itulah, mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi yang bagus dan juga bersikap lebih supel, maka hal ini akan bisa membantu diri Anda ketika berbicara dihadapan semua kenalan baru Anda sehingga dapat memberi keyakinan dihati mereka untuk menaruh kepercayaan kepada kita. Disamping itu, diri Anda pun harus mempunyai kemampuan yang sama yakni bisa menjadi pendengar dan penyimak yang antusias atau baik jikalau ingin mendapat perlakukan yang sama. Karena kita tidak akan pernah bisa menebak siapakah nantinya dianatara mereka yang bakalan menjadi mitra partner sekaligus klien usaha Anda.


#5. Belajarlah Tegar Saat Ada Penolakan

Tidak mungkin semua orang dapat menerima langsung begitu saja ide-ide bisnis dan juga produk penjualan yang kita tawarkan pada mereka. Sebagai insan pebisnis, disini Anda sangat perlu sekali belajar tegar untuk dapat menerima segala penolakan dari mereka, dan tetap semangat untuk mencoba terus dan terus mencoba meyakinkan siapapun yang Anda jumpai. Jika kerap kali ada satu duan orang yang menolak pengajuan proposal kerja sama atau juga produk bisnis yang  kita tawarkan, tentunya ada sebuah alasan kuat mengapa mereka serta merta menolak, selanjutnya Anda bisa mengambil pelajaran sesuatu akan hal itu yang kemudian berusaha meningkatkan kinerja bisnis dimasa mendatang. 

Janganlah pernah untuk menyerah dan berhenti mencobanya lagi dilain hari. Belajarlah pada kegagalan yang dialami. Sebab ada sebuah pepatah lama yang berbunyi kegagalan itu merupakan suatu kesuksesan yang terpendam atau tertunda.

#6. Pekerjakanlah Pegawai Yang Selalu Suka Apa Saja Yang Kita lakukan

Sama halnya seperti disaat mencari seorang pengasuh atau suster untuk mengurusi bayi anak kita, pastinya pun kita akan berusaha mencarikan dan juga menyewa seorang pengasuh bayi yang memiliki sifat mudah mencintai bayi yang mau diasuhya sama persis seperti diri Anda juga mencintainya, sebab hal demikian bisa menjadikan anak kandung Anda akan tumbuh normal sebagai anak yang badannya sehat serta jiwanya selalu bahagia. Maka hal ini pun berlaku sama untuk diterapkan di bisnis dan usaha Anda.

Itulah, ulasan singkat 6 Cara Sukses Dalam Memulai Suatu Bisnis yang bisa membantu Anda sebelum menjalankan suatu jenis bisnis. Kurang lebihnya mohon maaf dan jangan lupa like en share ke sosial media Anda. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel-artikel kami selanjutnya.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates: