Cara Meraih Sukses Berbisnis Sambil Bisa Tetap Bekerja

Idealnya ketika kita hendak merintis sebuah usaha atau bisnis maka lakukanlah secara totalitas dan terfokus. Sehingga semua pengelolaannya berikut sistem manajemen dari bisnis tersebut bisa diatur sebaik-baiknya. Hal demikian bisa juga ada benarnya. Namun bukanlah berarti setiap orang yang sudah mempunyai pekerjaan utama tidak dapat fokus serta total dalam menjalankan bisnisnya.

Banyak sekali para pengusaha diluaran sana yang telah sukses dalam berbisnis walau dirinya tetap masih berstatus karyawan pada salah satu perusahaan. Malah bahkan diantara mereka mampu pesat berkembang jauh melebihi kesuksesan perusahaan tempat dirinya bekerja. Kondisi yang sangat perlu sekali banyak di perhatian ialah bagaimana cara mengelolanya antara waktu ketika berbisnis usaha pribadi dan saat menjadi seorang karyawan.

Cara Sukses Berbisnis Sekaligus Kerja

Keuntungan Menjalani Bisnis Sembari Bekerja

Patut juga kita pelajari, kenapa masih banyak sekali karyawan tersebut tetap juga bekerja padahal mereka sudah memiliki bisnis pribadi tanpa mesti kehilangan dari pekerjaanya. Selidik punya selidik ternyata mereka mencoba mengambil sejumlah manfaat dan keuntungan sebagai berikut :
  • Buat mendapatkan penghasilan tambahan dan juga mencoba mengambil peluang dalam mencapai tujuan financial freedom (Kebebasan Financial) dari gaji tetap diperusahaan dan juga keuntungan pada bisnis.
  • Resiko sangat kecil, karena apabila suatu hari nanti terjadi kena PHK di perusahaan tersebut, maka tinggal segera untuk beralih tolal menjalankan bisnis atau usaha yang telah ada sebelumnya.
  • Sarana untuk uji percobaan sebelum nantinya benar-benar sepenuhnya mengalihkan ladang mencari nafkah dalam dunia usaha mandiri.
  • Memperbanyak rekan bisnis dan teman-teman baru sebagai ajang siraturahmi dan saling tukar informasi.
  • Membangun komunitas jaringan bisnis dengan yang mempunyai profesi dalam bisnis serupa.
  • Memperoleh sebuah skill dan daya kreatifitas lebih baru untuk bekal berbisnis.
Itulah sejumlah manfaat menjalani bisnis sambil juga bekerja yang dapat Anda peroleh. Bagaimana sangat menarik kan? Nah, buat Anda semua yang juga ingin mencoba membangun sebuah bisnis tapi sambil tetap bekerja, simaklah panduan yang akan saya bagikan berikut dibawah ini.

Inilah 10 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Sekaligus Kerja

1. Memilih Sebuah Bisnis Yang Cocok Dan Tepat

Bagi seorang karyawan yang kerja fulltime 24 jam memang dipastikan akan menjumpai kesulitan nila harus sekaligus membuka usaha sendiri. Intensitas kerja di perkantoran yang sangat padat akan menjadi bagian dari alasannya. Bahkan apabila dipaksakan, malah justru akan menjadi sebuah  bumerang buat pekerjaan pokok utamannya. Alih-alih ingin membangun bisnis sembari bekerja, ini justru dapat membuat kehilangan semuanya. Maka, yang lebih tepat pilihlah kerja paruh waktu (part time) adalah merupakan pertimbangan yang terbaik buat seorang karyawan.

2. Hindari Menggunakan Modal Yang Besar

Berbisnis sekaligus bekerja ini memang sangat dituntut dapat mengelola urusan modal sebaik-baiknya. Apalagi buat setiap orang yang baru akan memulai menjalankan sebuah bisnis. Jika ternyata salah mempergunakan modal, dan sementara proses jalannya bisnis tidaklah semudah membalikan telapak tangan, maka yang kita didapatkan malah justru sebuah kerugian.Belum ditambah pula waktu untuk pengelolaannya juga serbat terbatas. Oleh karena memulai sebuah bisnis memakai modal sewajarnya dan tidak begitu besar ialah pertimbangan yang sangat  tepat sekali.

3. Ukurlah Kemampuan Yang Ada Pada Diri

Membuat sebuah keputusan untuk bisnis sembari bekerja tidaklah sesulit ketika mulai melakoninya. Oleh sebab itu bijaklah terhadap diri sendiri sebelum akan benar-benar melai terjun pada dunia usaha atau bisnis ini. Ukurlah kemampuan yang ada pada diri. Sejauh sampai dimana Anda bisa mampu untuk membangun sebuah bisnis di dalam semua pahit manisnya sekaligus sambil bekerja.

Ukur juga sejauh mana kemampuan materi keuangan yang Anda miliki. Paling tidaknya, ada lah pemasukan yang rutin setiap bulannya yang dapat dipergunakan untuk biaya kehidupan pokok sehari-hari. Jangan lupa ukurlah pula pondasi kekuatan aspek modal serta cara untuk mendapatkannya. Apakah mungkin dari hasil akumulasi uang gaji bulanan anda atau juga melalui dana pinjaman pada pihak yang lain. 

4. Pahamilah Kontrak Perjanjian Kerja

Sebaiknya coba Anda kembali membaca berulang ulang surat kontrak perjanjian kerja pada perusahaan dimana Anda bekerja. Perhatikan sebagaimana ketatnya kegiatan di kantor tersebut dan juga kapan masa waktu ada liburnya. Tindakan ini untuk bertujuan memastikan setiap adanya bagian sela-sela liburan yang bisa dipergunakan buat kegiatan acara yang lain, termasuk yang paling penting membangun sebuah bisnis pribadi. Selain daripada itu pula, alangkah sebaiknya tidaklah membuat sebuah bisnis usaha yang memiliki kemiripan dengan tempat Anda bekerja, karena hal ini bisa juga dianggap sebagai kompetitor. Atau di saat kesempatan waktu yang lain, bisa-bisa justru usaha  Anda tersebut diklaim sepihak oleh pihak perusahaan dimana Anda disitu bekerja.

5. Jagalah Reputasi

Anda mesti pahami, meskipum Anda mempunyai usaha pribadi sendiri, namun di tempat lain Anda disitu tetaplah selaku karyawan dari atasan atau pun seseorang yang kuasa memegang sebuah jabatan penting yang sudah memberikan pekerjaan tersebut. Maka berusahaah bersikap hormat lalu tetap sebisa mungkin menjaga kredibilitas Anda dalam pekerjaan supaya reputasi dikantor tampak baik.

6. Miliki Sifat Disiplin

Memiliki sebuah bisnis pribadi tapi sementara kita masih juga bekerja jelas ini dibutuhkan untuk fokus plus disiplin. Dikedua profesi tersebut menantikan untuk dapat diselesaikan tuntas dengan baik dan sempurna. Pada kebanyakan semua karyawan perkantoran yang mempunyai bisnis pribadi mereka umumnya gagal dikarenakan tidak dapat membagi dua waktu kerja tadi dengan sangat baik. Yang sering terjadi pada sela-sela yang mesti menunaikan tugas dikantor justru malah dipakai sibuk mengurusi bisnisnya itu sendiri. Pada akhirnya malah keduanya sama sekali tidak dapat terselaikan. Maka dari itu mental sifat kedisiplinan mesti wajib kita mengutamakannya bagi siapa saja yang ingin berbisnis sekaligus tetap masih bekerja.

7. Buat Daftar Jadwal Yang Berkala

Anda dapat membuat daftar jadwal yang berkala setiap hari, setiap pekan sekali dan juga seterusnya. Sinkronkanlah waktu antara pekerjaan di kantor yang utama serta urusan pribadi dalam bisnis. Hindarilah terjadinya benturan antara keduanya supaya dapat fokus di dalam kita mengerjakannya. Caranya Anda dapat mengaturnya apabila setelah sepulang dari kantor, pada waktu masuk malam, setelah sholat subuh sampai sebelum pergi berangkat menuju kantor kerja Anda atau pada waktu yang lainnya.

Misalkan, Anda dapat memanfaatkan momen saat liburan atau akhir pekan (weekend) untuk lebih leluasa mengurusi keperluan bisnis tersebut. Anda dapat mengecek lalu sekaligus untuk menyiapkan semua yang akan dibutuhkan ketika selama waktu seminggu yang akan datang. Bisa juga Anda pergunakan untuk menjumpai klien-klien pada hari waktu libur.

8. Siapkan Seorang Kepercayaan

Supaya terjaga stabilitas diantara tugas pokok pekerjaan yang utama Anda dan juga bisnis dapat berjalan mulus dengan cukup baik, Anda dapat menunjuk seorang yang dirasa dapat dipercaya selama Anda kerja untuk sementara waktu mengelola urusan bisnis pribadi Anda. Misalnya orang tersebut Anda beri kepercayaan sebagai seorang manajer. Namun bisa juga merekrut pengurus admin, pelayaan dan juga kasir pembayaran untuk supaya tetap bisa menjadikan bisnis sampingan Anda terus berjalan setiap hari seperti yang diharapkan.

9. Perizinan Membuka Bisnis

Seperti kedapatan bisnis lain lazimnya, maka sebaiknya milikilah sura perizinan usaha seperti SIUP dan semisalnya yang legal resmi tercatat dalam pemerintahan demi sebuah kelancaran dan juga perlindungan bisnis di mata hukum yang lebih kuat, meski akan berimbas pada adanya pungutan pajak dan lain-lain.

10. Media Sarana Pembelajaran

Saat ketika menjadi seorang karyawan, disitu Anda bisa belajar lebih teliti bagaimana caranya mengelola sebuah bisnis ditempat Anda tugas bekerja. Lalu bagaimana caranya menjadi seorang bos majikan yang terbaik. Bagaimana caranya mengelola pekerja karyawan Anda dan lain sebagainya. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya disaat adanya pertemuan komunitas orang-orang yang telah sukses dalam bisnisnya atau juga kolega dari perusahaan yang ternama buat menggali informasi tips-tips baru dalam berbisnis.

Kesuksesan yang di raih seseorang ialah hasil daripada akumulasi pada sikap yang penuh semangat, berkomitmen, fokus mengerjakannya dan juga memiliki kesabaran tinggi. Kesuksesan tidak hadirlah datang saja tanpa kerja keras. Kesuksesan memerlukan perjuangan. Kesuksesan pun juga membutuhkan sikap dari seseorang tersebut yang dinilai memang mempunyai kepantasan untuk menempuh puncaknya kesuksesan.

Demikianlah artikel yang membahas tentang tips sukses bisnis sambil tetap bekerja menjadi karyawan. Bila yang lain juga bisa, mengapa kita tidak? Hujamkanlah semangat diri yang tinggi dan janganlah berhenti dalam berkarya. Saya rasa cukup sampai disini semoga dapat bermanfaat bagi semuanya sebagai referensi kedepan dalam membangun sebuah bisnis.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meraih Sukses Berbisnis Sambil Bisa Tetap Bekerja"

Posting Komentar