8 Jenis Ide Usaha UKM berupa Jajanan Berciri Khas Unik Kota Kembang Bandung

Selain sudah dikenal mempunyai  sarana-sarana wisata publik yang sangat menarik untuk dikunjungi, kota kembang Bandung ini pun terkenal dengan beragam kuliner ciri khas tersendiri yang tentunnya menggugah hasrat nafsu selera makan. Jika kita berkunjung ke daerah kota kembang Bandung, kita akan menjumpai banyak sekali tempat untuk makan di area pinggiran jalan. Selain aneka kuliner makanan yang bisa menggoyangkan lidah, banyak sekali tempat makanan di sekitar kota kembang Bandung priangan yang menampilkan konsep dari desain tampilan interior bangunan yang sangat menarik serta unik. Maka dari itu ada banyak sekali para pelancong wisatawan yang betah untuk lebih lama ketika mengunjungi daerah kota Bandung ini.

Aneka Rupa Jajanan Dari Kota Kembang Bandung

Jajanan ciri khas dari Bandung ini sangat difavoritkan oleh para pelancong wisatawan yang datang dari hampir semua kota di dalam negeri hingga mancanegra. Cireng, Seblak, Batagor, Cilok, dan Siomay adalah aneka  jajanan berciri khas milik Bandung tersebut yang seringkali diburu oleh para pelancong wisatawan lokal. Ide bisnis usaha jenis jajanan ciri khas dari Bandung mempunyai potensi penjualan yang sangat menjanjikan apabila dikerjakan dengan bersungguh-sungguh. Hal Ini termasuk adalah sebuah peluang bisnis  yang sangat terbuka dengan lebar sekali untuk siapa saja yang hendak memulai usaha. Coba bayangkan bila Anda mulai membuka bisnis kuliner yang serupa diwilayah tempat dimana Anda tinggal. Menuru saya tidak masalah bila Anda ingin juga mewujudkannya sendiri bukan?

Inilah 8 Jenis Ide Bisnis dari Beragam Jajanan Kota Bandung

1). Siomay

Siomay ini seringkali kita temui disekitar kota kembang Bandung. Meskipun tidak semuanya makanan yang asli khas kota Bandung, telah banyak sekali orang sudah mengenal jajanan siomay ini yang rasanya enak dan mudah didapatkan di kota Bandung. Terutam sajian berciri khas berikut ini seringkali kita jumpai pada lingkungan area perkantoran ditengah kota, area sekolah anak bahkan sampai dipinggir jalan ditasa trotoar. Dibuat berasal dari campuran tepung sagu, ikan dari laut dan juga bermacam bumbu lainnya, siomay ini juga pastinya dilengkapi saus sambal kacang gurih serta lezat membuat semakin tergugah selera.

Apabila Anda berminat untuk menjalankan bisnis ini maka Anda dapat memulainya dengan cara melakukan cek riset ke lapangan terlebih dulu pada sejumlah warung siomay pinggir jalan yang sudah terkenal di kota Bandung. Anda pun juga dapat mengikuti program pelatihan cara membuat aneka siomay oleh sebuah penyelenggara terlebih dulu untuk mendapatkan dan mempelajari ilmunya.

2). Batagor

Menyerupai jenis jajanan berciri khas Tionghoa gabungan Indonesia ini, Batagor bisa kita temuii disepanjang jalanan pusat area Kota kembang Bandung. Bahan baku untuk mengolah batagor ini hampir serupa dengan jajanan siomay yakni campuran tepung jenis kanji serta dagingnya ikan. Lain pula halnya cara memasak siomay dengan dikukus, akan tetapi untuk pembuatan jajanan batagor ini ialah dengan cara digoreng sampai kulit bagian luarnya berubah berwarna semu kecoklatan. Banyak sekali penjual aneka makanan di Bandung yang tidak lupa menyajikan jenis jajanan Batagor ini. Maka tentunya adanya inovasi baru dan juga kreatifitas sajian sangat penting sekali bagi siapa saja yang hendak membuka bisnis makanan ini.

3). Sate Cilok

Cilok ialah sajian ciri khas kota Bandung terbuat berasal dari bahan tepung jenis tapioka yang juga dilengkapi dengan saos sambal dari kacang, saus dan kecap. Memiliki rasa yang lezat dengan adanya isian cincangan daging atau pun telur akan semakin memikat dan menggugah akan selera dari para penggemarnya. Penamaan Cilok ini berasal antara gabungan kalimat "aci" dan juga kalimat "dicolok". Aci yang artinya bahan utama pembuatan jajanan ini yang terbuat dari bahan tepung jenis tapioca dan sedangkan kalimat kata "dicolok" ialah cara dalam menyajikannya dengan dicolok menggunakan tusuk sate. Selain penyajiannya seperti halnya bakso, jajanan cilok ini juga bisa disajikan semisal juga sate.

4). Cireng

Sama persis halnya proses pembuatan cilok, cireng ini pun bermula dari bahan tepung jenis tapioca untuk bahan utama pengolahannya. Yang membedakan di antara kedua jajanan tersebut ialah cireng penyajiannya dengan digoreng terlebih dulu lalu kemudian disajikan lagi dengan sebuah sambal bumbu rujak sedikit pedas sebagai bagian pelengkap dari sajian cireng ini. Buat Anda semua yang berkeinginan untuk menjalankan bisnis ini, maka Anda dapat memulainya dengan menjual bermacam jenis cireng yang sudah dibekukan yang umum disebut "cireng salju".

5). Surabi

Ada pun bentuk dari sajian jajanan ini mirip semisal pancake dikarenakan bahan baku pembuatannya ternyata juga sama persis. Namun keunikannya ialah surabi dimasak dengan sejumlah kendi yang terbuat dari cetakan tanah merah liat dan bukan dimasak melalui penggorengan besi yang memiliki bentuk flat. Surabi apabila sudah tampak matang hasilnya mal bentuknya akan lebih terlihat cekung pada bagian bawahnya dibandingkan dengan rupa bentuk dari pancake tadi yang telah matang.

6).Gepuk

Kalau yang ini dibuat dari bahan baku dagingnya sapi, cita rasa jajanan berikut ini memiliki rasa yang gurih juga manis. Cara membuat gepuk yaitu dengan mengiris-iris daging dari hewan sapi satu arah dengan seratan daging kemudian direbus namun hanya separuh matang. Supaya dagingnya menjadi lunak dan lembum maka daging tersebut dipukul beberapa kali hingga sedikit gepeng. Sesudah daging tadi empuk lalu rendamlah ke cairan bumbu bercampur dengan santan kemudian direbus kembali sampai air santannya menyusut habis. Ketika saat penyajiannya masakan gepuk ini harus digoreng menggunakan sedikit bahan minyak hingga berwarna agak kecoklatan.

7). Seblak

Sedangkan seblak merupakan jajanan yang terbuat dari bahan bakunya adalah kerupuk, seblak ini disajikan nikmat dengan daging ceker ayam dan juga sedikit suiran daging ayamnya. Cita rasa terdapat di kuahnya yang sangat lezat plus gurih sekali dengan adanya campuran dari cabai, kencur, bawah putih serta juga garam. Bila Anda berminat menjalankan usaha ini, kreasikanlah makanan unik ini lewat inovasi baru dan juga ide fresh kreatifitas Anda sendiri supaya makanan tersebut semakin disukai banyak oleh peminatnya.

8). Basreng

Jajanan berciri khas kota Bandung yang satu ini lumanya cukup populer di masyarakat. Mempunyai cita rasa khas sama seperti halnya bakso, namun bentuk dari basreng tidaklah bulat namun lebih berbentuk pipih. Disamping itu pula yang membuat perbedaan anatar basreng sama bakso bulat kuah
umumnya ialah bumbu dari cabai yang bubuk menjadi pelengkap sajian basreng ini. Dengan harganya  yang relatif murah sekali berkisar seribu hingga tifa ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati jajanan jenis ini.

Nah, itulah kawan-kawan pembahasan mengenai  sejumlah ide bisnis UKM dari aneka jajanan berciri khas kota Bandung. Kota yang sejuk damai dan indah rupawan, semoga saja bermanfaat bagi kita semua.  Bila berkenan mohon untuk dibagikan kembali informasi ini ke teman-teman dan sahabat Anda di Sosial Media. Terimakasih.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Jenis Ide Usaha UKM berupa Jajanan Berciri Khas Unik Kota Kembang Bandung"

Posting Komentar