8 Jenis Internet Marketing yang Menguntungkan Bisnis Anda

Internet marketing merupakan sebuah usaha mempromosikan (marketing) suatu produk yang dilakukan secara online atau melalui internet. Selain mempromosikan produk, internet marketing juga berfungsi untuk menjalin relasi, baik kepada pelanggan maupun sesama pebisnis.

Seperti diketahui, setiap usaha membutuhkan promosi. Maka, tak heran jika di toko offline dibutuhkan banyak tenaga marketing. Di pundak merekalah sebuah produk menjadi sangat diminati atau tidak oleh konsumen. Hal ini juga berlaku di toko online. Sistem promosi di dunia internet lebih sering dikenal dengan istilah internet marketing. Berbagai cara dilakukan agar banyak konsumen yang tertarik dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan toko online.


8 Jenis Internet Marketing yang Menguntungkan Bisnis Anda

Ada banyak jenis marketing yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Bentuk pemasaran ini memanfaatkan sistem pencarian mesin internet. Semakin bagus SEO yang diterapkan, membuat website yang menggunakannya lebih mudah ditemukan konsumen. Sistem pemasaran seperti ini cukup ampuh membuat produk yang dijual dalam website tersebut laris manis.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Bentuk pemasaran ini hampir sama dengan sistem SEO yang mengandalkan hasil mesin pencarian. Semakin baik sistem yang digunakan, semakin banyak orang yang berkunjung ke website tersebut. Ini artinya, peluang terjualnya produk juga semakin besar.

3. Pemasangan Iklan

Bentuk promosi lain yang juga bisa dilakukan melalui internet adalah dengan memasang iklan di website atau blog milik pihak ketiga. Sistemnya adalah Anda bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memasang iklan di websitenya. Dalam iklan tersebut, konsumen diarahkan ke website Anda. Semakin banyak pihak ketiga yang Anda ajak bekerja sama, semakin banyak juga orang yang akan mengunjungi website Anda.

4. Social Media Marketing

Media sosial juga bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk berpromosi. Sebab, saat ini, media sosial telah menjadi tren para pemuda dalam bergaul. Facebook, Twitter, Instagram, Whatssap, dan media sosial lainnya bisa menjadi ladang bisnis Anda. Orang-orang yang berhubungan dengan media sosial ini bisa merupakan target konsumen yang Anda tuju.

5. Refferal Marketing

Pemasaran ini dilakukan dengan cara memberi referensi dari satu konsumen ke konsumen lain. Dalam hal ini, pemanfaatan konsumen memang menjadi andalan Anda dalam berpromosi. Melalui satu konsumen, Anda sudah bisa menjaring lebih dari sepuluh orang konsumen, begitu seterusnya.

6. Email Marketing

Saat ini, berpromosi tidak melulu melalui iklan. Bahkan, email yang selama ini digunakan untuk surat-menyurat juga bisa dimanfaatkan untuk berpromosi. Dalam hal ini, Anda bisa langsung mengirim email kepada calon konsumen tentang produk yang Anda tawarkan. Untuk mendapatkan alamat email, Anda bisa memilihnya secara acak.

7. Inbound Marketing

Pemasaran jenis ini lebih mengedepankan keterlibatan para pelanggan setia untuk berbagi informasi dan pengalaman kepada orang lain. Pemasaran ini hampir sama dengan rekomendasi promosi.

8. Affiliate Marketing

Sistem terbaru yang kini menjadi tren para pebisnis pemula adalah affiliate marketing. Selain mudah, sistem ini juga tidak membutuhkan dana untuk modal. Anda tinggal mempromosikan produk orang lain pada website Anda. Jika ada konsumen yang tertarik dan ingin melakukan transaksi, Anda bisa langsung menghubungi pihak produsen. Urusan pengiriman barang tidak menjadi tanggung jawab Anda. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan fee sesuai kesepakatan awal.

Itulah beberapa pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Tidak seperti marketing di toko offline, internet marketing tidak akan menguras tenaga Anda. Hanya duduk di depan komputer, Anda bisa menghasilkan uang dengan menjalankan salah satu dari internet marketing.

Tips Tambahan Untuk Menggapai Sukses Dalam Bisnis Dengan Internet Marketing

Meraih kesuksesan dalam bisnis tentu menjadi dambaan setiap orang, terutama pebisnis pemula. Namun, faktanya tidak semua pebisnis bisa lancar dalam menjalankan usahanya. Jangankan sukses, untuk bisa bertahan tanpa mengalami kerugian saja sangatlah sulit. Lalu, bagaimana caranya agar setiap usaha yang dilakukan bisa berhasil dan meraih kesuksesan? Jawabannya hanya dua, yaitu selalu fokus dan berusaha menanamkan semua sifat pebisnis sukses dalam diri.

# Selalu Fokus pada Bisnis yang Dijalankan

Fokus merupakan kunci utama dalam berbisnis. Tanpa adanya fokus, pikiran Anda akan bercabang yang berdampak pada tidak tajamnya “serangan” bisnis Anda. Nah, agar Anda bisa selalu fokus pada bisnis, berikut ini hal-hal yang perlu Anda jalankan:

1. Berusaha Menemukan Masalah yang Biasa Dialami Pebisnis

Dalam setiap bisnis, pasti akan selalu muncul masalah. Sebagai pebisnis muda, Anda harus sudah mengetahui terlebih dahulu permasalahan apa saja yang biasa dialami para pebisnis. Dengan begitu, saat Anda menghadapi masalah tersebut, Anda sudah siap dengan pemecahannya. Untuk mengetahui permasalahan yang ada, Anda bisa melakukan riset. Gunakan teknologi internet untuk berkomunikasi dengan para pebisnis yang sudah berpengalaman. Gali semua informasi yang bermanfaat bagi kelancaran usaha Anda.

2. Mempelajari Persaingan dan Perbandingan Pasar

Saat menjalankan sebuah bisnis, Anda harus mengetahui persaingan yang terjadi dalam bisnis tersebut. Berikan produk yang mampu bersaing dengan produk lama. Sebagai strategi tambahan, Anda harus mampu mencari kelemahan produk pesaing sehingga Anda dapat menciptakan produk baru yang lebih tinggi yang pada akhirnya menggiring konsumen untuk melakukan perbandingan produk.

3. Menyusun Tahapan Bisnis yang Dijalankan

Untuk bisa mencapai tujuan besar sebuah bisnis, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menentukan model bisnis yang akan dijalankan. Setelah itu, lakukan tahapan demi tahapan satu per satu hingga dapat mencapai tujuan utama membangun bisnis tersebut. Dalam hal ini, berarti wajib bagi Anda untuk menyusun tahapan bisnis.

# Sifat Pengusaha Sukses yang Perlu Ditanamkan

Ada banyak sifat positif pengusaha sukses. Agar Anda juga mengalami kesuksesan dalam berbisnis, tiru dan jadikan semua sifat pengusaha sukses berikut ini.
  • Selalu bersyukur atas apa pun yang sudah diraih, termasuk berterima kasih kepada orang  yang berbuat kebaikan kepada Anda.
  • Berani melawan saat mendapat tekanan atau ancaman dari luar.
  • Mempunyai tujuan hidup yang jelas dan terarah.
  • Selalu merencanakan segala aktivitas terlebih dahulu sebelum melangkah.
  • Selalu optimis dalam memandang masa depan dan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran.
  • Selalu ingin belajar dan belajar kepada siapa saja tanpa memandang bulu.
  • Setiap kejadian yang ada dianggap sebagai sebuah tantangan yang harus diselesaikan dengan baik.
  • Selalu menghargai orang lain dan tidak memandang sebelah mata.
  • Tidak iri dengan kesuksesan orang lain.
  • Setiap tindakan yang dilakukan berdasarkan pikiran rasional, bukan emosi belaka.
  • Terus fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.
  • Selalu bersemangat dalam menjalankan aktivitas dan tidak terpaku pada masa lalu.
  • Tidak terlalu berlarut-larut dalam kekecewaan.
  • Selalu berpikir positif bahwa semua usaha pasti berhasil.
  • Tidak beranggapan bahwa kesuksesan hanya dipandang dari materi, uang, harta, dan jabatan semata.
Itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebagai pebisnis pemula. Tidak cukup hanya modal yang Anda persiapkan. Persiapan mental dan karakter diri juga wajib Anda biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda mampu melakukan semua tips di atas, niscaya dengan mudah Anda akan mampu meraih kesuksesan dalam bisnis.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Jenis Internet Marketing yang Menguntungkan Bisnis Anda"

Posting Komentar