9 Langkah Sukses Untuk Memulai Usaha Berjualan Jus Sari Buah

Usaha dalam bidang jenis kuliner sungguh memang sangatlah potensial sekali untuk dapat dijalankan, tak mengherankan jika sebagian besar usaha yang ada dalam dunia wirausaha ialah usaha dalam bidang sentra kuliner. Dimulai dari menjajakan makanan, minuman beraneka rasa, kue camilan, makanan kering,  dan masih banyak yang lainnya. Tidaklah terlalu jauh-jauh, lihat saja disekitaran rumah tinggal kita pasti terdapat banyak berbagai usaha sentra kuliner misalnya usaha makanan bakso mie yang memanglah mudah  sekali ditemukan di setiap sudut kota. Kesimpulannya jenis usaha dalam bidang sentra kuliner ini memang sungguh menjanjikan karena mengingat makanan kuliner merupakan sebuah kebutuhan inti bagi setiap orang.

Langkah Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Sari Buah

Salah satunya usaha sentra kuliner jenis minuman saat ini paling populer ialah jus sari buah. Alasannya mengapa minuman jus sari buah paling banyak diburu karena hal itu disebabkan sebagian besar orang kini telah menyadari apabila minuman kemasan instan disetiap minimarket ternyata mengandung unsur zat cairan kimia yang sangat berbahaya. Oleh karena itu orang-orang sekarang banyak beralih pada minuman yang sehat semisal jus sari buah yang langsung dibuat si penjual. Jus sari buah ini juga mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya buat menjaga daya tahan kesehatan pada tubuh kita dikarenakan jus sari buah ini mengandung terdapat banyak sekali gizi vitamin yang dibutuhkan tubuh. Bagi anda yang sedang menjalani program diet maka dianjurkan sekali mengkonsumsi dengan rutin jus sari buah untuk pengganti makanan berat dan minuman instan.

Lantas bagaimanakah sih caranya memulai sebuah bisnis berikut ini, kira-kira apa sajakah yang harus dibutuhkan dan berapakah kisaran permodalan yang mesti dipersiapkan? untuk memperjelas semuanya mari kita simak referensi sejumlah tips mengapai sukses bisnis usaha menjual jus sari buah yang segar nikmat. Dibawah ini sudah disediakan sekitar ada 9 metode mudah dalam memulai bisnis ini.

Inilah 9 Metode Sukses Dalam Memulai Bisnis Menjual Jus Sari Buah

1. Analisa Dana Modal Permulaan

Berapa saja sih dana modal awal yang dibutuhkan? sebenarnya bila bicara soal modal tentu tidak pernah akan menemui ujungnya, mengingat urusan modal sangat tergantung pada jenis model usaha itu sendiri. Saran saya bila modal yang anda miliki memang sangat sedikit, alangkah lebih baiknya bila memulai sebuah usaha dalam skala kecil-kecilan dulu. Untuk mengerjakan usaha minuman jus sari buah segar sendiri dipinggir jalan, maka anda bisa coba membuka kios sederhana yang menyatu dengan gerobak kayu. Selanjutnya mengenai kelengkapan seperti blender, ragam buah-buahan, susu manis, cangkir gelas, persediaan plastik, bangku untuk duduk serta yang lainnya. Mungkin cukup dengan hanya modal berkisar 2 sampai 5 jutaan sudah bisa berjalan.

Janganlah terlalu dipusingkan memikirkan urusan modal di awal, mulailah saja terlebih dulu usaha tersebut denga perlengkapan yang sudah ada. Barulah nanti keuntungan yang diperoleh dikemudian hari bisa dipergunakan buat memperbaiki mutu kualitas usaha atau mungkin bahkan untuk membuka kembali cabang ditempat baru.

2. Lokasi Harus Strategis

Pembahasan cukup klasik akan tetapi memang bisa menentukan pula sukses atau tidaknya sebuah usaha. Pemilihan lokasi tempat usaha bisa jadi memang sangatlah penting, itu karena pada lokasi jualan yang strategis usaha jauh akan lebih mudah dijangkau dan memudahkan memperoleh konsumen. Lokasi usaha sederhana yang masih bagus mungkin disekitar pinggir jalan. Tentunya tidak juga semua pinggiran jalan dapat memenuhi syarat sebagai tempat jualan. Lokasi strategis yang dimaksud disini adalah pinggiran jalan yang ramai orang berlalu-lalang, misalnya area sekitar kampus, sekolahan, GOR tempat olah raga, terminal kendaraan, taman di pusat kota, dekat dengan pasar, dekat sekitaran mall pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah catatan ternyata persaingan di bisnis usaha ini cukuplah tinggi, terutama pada area sekitar tempat keramaian semacam kampus mawasiswa dan sekolahan. Jikalau memang lebih memungkinkan, maka carilah lokasi tempat strategis akan tetapi masih minim akan pesaing.

3. Carilah Stok Dagangan Berkualitas

Karena jenis usaha berikut ini akan dijalankan setiap harinya, dan sifat buah-buahan termasuk merupakan jenis bahan utama yang sangat mudah sekali membusuk, oleh sebab itu anda mesti pintar-pintar di dalam hendak memilih persediaan stok buah-buahan. Pastikan pula mendapatkan jenis buah yang segar disetiap harinya, bila tidak sampai habis maka simpanlah semua buah sisa tersebut ditempat yang sejuk semisal dalam kulkas. Lakukanlah survei bila perlu, ini bertujuan untuk sekedar membandingkan kualitas antar penjual buah buat bahan utamanya nanti, pilihlah yang mana selalu memiliki persediaan stok jenis buah yang segar disetiap harinya. Apabila sudah berlangganan tetap, tentunya harga beli buahnya suatu saat bisa dapat potongan diskon bukan?

4. Miliki Buah Yang Lengkap

Menjual minuman jus dengan buah yang beraneka macam tentunya memiliki penilaian positif tersendiri. Karena bila anda menjual minuman jus sari buah hanya beberapa jenis buah saja hal ini akan dirasa kurang begitu lengkap sehingga yang beli pun cuma orang yang hanya menyukai jenis buah yang tersedia saja. Karena tidak mungkin semua tipe orang akan menyukai satu jenis buah yang sama. Setiap tipe orang pastinya mempunyai "selera" rasa masing-masing. Nah, apabila disediakan banyak varian jenis buah yang beraneka ragam tentunya konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya. Bahkan mungkin terkadang jika di hari tertentu ingin minum jus sari buah Mangga, namun pada keesokannya ingin ganti jus Jeruk. Intinya bila semakin banyak varian buah yang disediakan semakin lebih baik.

Meskipun demikian ada bagusnya anda tes mencoba saja terlebih dulu sekitar selama sekian hari. Perhatikan buah mana yang lebih laku dan kurang laku. Lalu perkecil atau bisa juga hilangkan saja dari daftar menu jenis buah yang kurang laku, kemudian konsentrasi penuh pada buah-buahan yang dirasa laku saja atau juga bisa mencoba jenis buah lain.

5. Lakukan Inovasi Pada Rasa

Ada masanya konsumen dilanda bosan bila saban hari jajan jus sari buah yang sama setiap harinya. Hal itu sangat wajar sekali terlebih minuman jus sari buah pada dasarnya memang tidaklah semua tipe orang dapat menyukainya. Untuk sebab itu kita harus cerdik dalam hal berinovasi rasa dan sedikit berkreasi, contohnya membuat satu menu super spesial sebuah jus sari buah hasil dari racikan antara buah yang berbeda-beda. Namun harus dipastikan dulu sebelumnya bila campuran berjenis buah tadi memiliki cita rasa sangat spesial. Disamping itu anda bisa juga membuat jenis jus "smoothies", dan jus jenis "yoghurt" dijamin pasti banyak yang suka.

6. Gunakanlah Brand Nama Sendiri

Disaat anda berkeinginan memulai bisnis usaha minuman jus sari buah ini, maka janganlah terlewatkan ialah brand nama unik dari bisnis anda. Sebuah brand nama yang menarik dan tentunya gampang sekali diingat akan menjadikan nilai yang positif tersendiri untuk pertumbuhan usaha tersebut. Dewasa ini nama brand sebuah usaha memang cukup sangat memiliki arti penting dalam menunjang mutu kualitas serta minat membeli calon konsumen. Pemilihan nama brand yang tepat disertai mempunyai rasa sangat nikmat dipastikan akan menjadikan banyaknya orang dengan senang hati jadi pelanggan anda yang setia.

Misalkan saja contoh brand nama usaha bisnis jus anda ialah "JUSMANIS", "JUSPUNYARASA" atau nama-nama yang yang lainya. Disamping brand nama yang dipasang pada gerobak dan juga kios maka tidak juga boleh dilewatkan ialah gelasnya anda pasang stiker dari brand nama anda tadi. Dengan cara begitu maka pembeli pun akan selalu ingat serta datang kembali bila suka.

7. Pilihlah Mesin & Peralatan Yang Berkualitas

Meskipun jenis bisnis ini dikerjakan dengan skala yang kecil serta modal seadanya, anda mesti pintar juga dalam menggunakan peralatan mana yang bagus. Memang pada faktanya blender/juicer berkualitas tinggi dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Namun tenang saja ada kok sejumlah brand lain yang menjual mesin blender buah dengan harga yang masih terjangkau yang tetap masih mengedepankan mutu kualitasnya. Karena hanya dengan memakai peralatan yang berkualitaslah, hasil olahan jus buah akan menjadi berkualitas pula. Secara otomatis dan tanpa disadari blender dapat mempengaruhi mutu kualitas olahan jus dari segi rasa dan juga warna.

Maka karena itulah apabila memang mampu membeli perlengkapan alat yang sangat berkualitas mengapa tidak? Sebab toh jika peralatan sudah terbukti teruji maka kecil kemungkinannya cepat mengalami kerusakan. Apabila rusak pun dipastkan setelah terpakai lama dan lebih mudah untuk mencari komponennya.

8. Harga Mesti Bersahabat

Tanpa kita dipungkiri, harga juga memang sangatlah menentukan. Dengan pasang harga murah kemungkinan besar akan banyak para calon pembeli yang langsung tertarik. Bila anda berkeinginan jus sari buahnya laris terjual hingga habis maka jualah jus tersebut di harga yang ramah dikantong semua orang. Memang benar dengan laba keuntungan sekitar 2-3 hingga ribu per satu gelasnya tampak terlihat sangat kecil sekali. Akan tetapi bila dalam hitungan perharinya kita dapat menjual hingga 100 gelas jus buah tersebut, maka kita bisa menghasilkan margin keuntungan sampai diatas 200 ribu rupiah perhari. Itu jelas hasil nyata yang sangat sudah lebih dari banyak. Apalagi jika nantinya brand nama anda kian melambung, anda dapat membuka cabang usaha baru dilokasi yang berbeda.

9. Perhatikan Tingkat Kebersihan

Usaha bisnis kuliner ini mau tidak mau haruslah menjunjung sangat tinggi tingkat kebersihan, jenis apa saja bisnisnya tanpa terkecuali dalam usaha menjual jus sari buah segar ini. Arti kebersihan sendiri memiliki makna yang luas, tidaklah hanya terbatas untuk tempat lokasi bisnis saja. Akan tetapi juga tingkat kebersihan dan kerapihan dari si penjual itu sendiri, tempat berjualanya serta kebersihan dari jus sari buahnya juga amat sangatlah penting.

Peralatan semuanya juga mesti bersih, usahakan bersihkan peralatan sebelum dan juga setelah anda menggunakannya. Pergunakanlah air bersih yang baru ketika hendak membersihkannya, terutama yang akan digunakan sebagai air jus. Gunakanlah air dari merk yang terkenal supaya lebih meyakinkan para konsumen anda. Terakhir siapkanlah juga tong untuk sampah disekitar lokasi yang memudahkan para konsumen untuk membuang bekas minumannya. Tapi perlu ingat, janganlah sampai si tong sampai tadi mengeluarkan aroma bau kurang sedap.


Itulah sejumlah perihal yang mesti diperhatikan di dalam hendak memulai sebuah usaha jus ini. Bila terdapat kekurangan bisa di cari lagi sendiri referensi yang lebih lengkapnya. Janganlah lupa jika bermanfaat silahkan share kembali artikel berikut ini kepada teman-teman dan sahabat baik anda. Sekian dan terimakasih.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Langkah Sukses Untuk Memulai Usaha Berjualan Jus Sari Buah"

Posting Komentar