5 Strategi dalam Membangun Bisnis yang Wajib Anda Coba Agar Sukses

Strategi dalam membangun bisnis perlu untuk dilakukan oleh setiap pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini dilakukan agar usaha yang sedang dirintisnya mampu bersaing dan mendapat tempat di hati masyarakat. Strategi ini mempunyai banyak ragam. Anda tinggal memilih salah satunya atau bahkan beberapa strategi berbisnis. Dengan begitu, sedikit demi sedikit, kesuksesan pun akan Anda alami. Nah, berikut beberapa strategi berbisnis yang bisa Anda coba.


5 Strategi dalam Membangun Bisnis yang Wajib Anda Coba Agar Sukses

1. Mulai dari Hal yang Simpel

Saat akan memulai sebuah usaha, banyak orang kebingungan untuk menentukan produk apa yang akan dipasarkan. Nah, strategi jitu untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memulai usaha dari hal yang simpel dan sederhana. Tidak perlu muluk-muluk menciptakan produk baru yang spektakuler. Cukup mencari produk yang menjadi kebutuhan masyarakat di sekitar Anda. Dengan demikian, paling tidak Anda sudah menemukan pasar sendiri saat memulai usaha tersebut.

2. Menciptakan Produk yang Berbeda

Setiap pengusaha pasti juga mempunyai pemikiran yang sama saat hendak memulai usaha, yaitu dengan mencari kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, menerapkan strategi memulai usaha dari hal yang simpel tidaklah cukup. Anda juga harus mengimbanginya dengan penambahan nilai lebih bagi produk Anda sehingga berbeda dengan produk milik orang lain. Dengan begitu, masyarakat menjadi lebih tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Dalam hal ini, dibutuhkan daya kreativitas dan imajinasi yang tinggi.

3. Melakukan Berbagai Cara Promosi

Seperti diketahui bersama, promosi merupakan ujung tombak yang menentukan apakah produk Anda diterima masyarakat atau tidak. Oleh karena itu, melakukan promosi menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Namun begitu, bukan berarti Anda harus melakukan promosi secara jor-joran. Selain tidak efektif, cara seperti ini justru hanya akan menghambur-hamburkan uang saja. Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial yang kini sudah mewabah di semua lapisan masyarakat. Tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa mempromosikan usaha Anda melalui Facebook, Instagram, Twitter, atau media sosial yang lain. Dengan kata lain, sambil menyelam minum  air. Kesenangan Anda dalam bergadget ria tetap terpenuhi dan kebutuhan bisnis Anda juga tetap berjalan.

4. Jangan Hamburkan Uang untuk Interior

Pada umumnya, pebisnis muda justru lebih mengutamakan penampilan dari kantor. Meskipun penampilan kantor, terutama masalah interior ruangan, memang penting untuk diusahakan untuk membangun image, namun ini bukan merupakan kebutuhan yang mendesak. Anda dapat mendesain interior kantor seadanya terlebih dahulu. Gunakan barang-barang sederhana di sekitar Anda untuk menata interior ruang kantor. Dan, lebih fokuskan pikiran pada pengembangan dan pencarian konsumen sebanyak-banyak dengan terus meningkatkan kualitas produk. Seiring dengan berjalannya waktu dan keuntungan yang diperoleh, Anda bisa melakukan perbaikan interior kantor sedikit demi sedikit.

5. Memberi Pilihan Pembayaran

Di zaman serba modern ini, ada banyak cara sistem pembayaran, mulai dari cash, transfer, kredit, atau sistem lain. Semua itu sangat tergantung dari kondisi setiap konsumen. Nah, sebagai produsen, Anda harus bisa mengimbanginya dengan memberikan pelayanan istimewa kepada konsumen, salah satunya dengan menyediakan berbagai pilihan pembayaran. Hal ini untuk semakin memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi. Ingat bahwa konsumen tidak ingin direpotkan dalam hal pembayaran ini. Anda harus mampu menyamakan sistem pembayaran dengan kondisi konsumen.

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Tujuan dari penerapan strategi ini jelas untuk menarik konsumen agar membeli produk Anda. So, terapkanlah salah satu dari strategi dalam membangun bisnis tersebut.

Berikutnya Pelajari 5 Tips Menghadapi Kegagalan Bisnis

Menghadapi kegagalan bisnis tidak semua orang mampu. Meskipun sejak awal sudah mengetahui bahwa risiko dari sebuah bisnis adalah gagal atau kerugian, namun banyak orang yang tidak kuat saat menghadapinya. Frustasi, putus asa, bahkan stres menjadi ancaman tersendiri. Terlebih jika kerugian yang dipikul hingga jutaan atau miliaran rupiah. Properti yang dipunyai pun bisa melayang karena masalah ini. Nah, jika Anda sedang menghadapi masalah tersebut, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar tidak semakin terperosok dalam keputusasaan.

Solusi Menghadapi Kegagalan Dalam Bisnis

#1. Berusaha untuk Selalu Berpikir Positif

Selalu berusaha untuk berpikir positif merupakan salah satu cara untuk meringankan beban perasaan Anda. Ingatlah bahwa di balik setiap kegagalan selalu ada hikmah tersendiri. Pikiran yang penuh dengan pikiran positif juga mengantarkan pemiliknya untuk mudah menemukan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi. Selain itu, mental pun akan terasah dan semakin kuat saat menghadapi permasalahan yang lebih berat lagi.

#2. Mencari Penyebab Kegagalan

Di balik setiap kegagalan pasti ada penyebabnya. Penyebab ini bisa berasal dari diri, yaitu karena kesalahan sendiri, namun bisa juga karena orang lain. Keduanya berpotensi membuat keadaan semakin buruk jika Anda tidak mampu menyikapi kegagalan tersebut dengan baik. Jika Anda bisa menemukan sumber dari munculnya kegagalan tersebut, Anda dapat dengan mudah memperbaiki hal tersebut sehingga tidak akan terjadi lagi.

#3. Bangkit dari Masalah

Saat menghadapi kegagalan, sudah sewajarnya jika Anda merasa terpuruk. Namun, keadaan ini jangan sampai berlarut-larut Anda alami, bahkan hingga membuat Anda stres. Segera bangkit dan semangati diri untuk berjuang kembali. Jadikan kegagalan tersebut sebagai bagian dari pengalaman yang sangat berharga dalam perjalanan bisnis Anda. Ingatlah bahwa Tuhan pasti akan menolong setiap hambanya yang berdoa dan terus berusaha, pantang menyerah.

#4. Mengatasi Kegagalan

Setelah Anda berhasil mengetahui penyebab kegagalan, segera lakukan perbaikan sekaligus pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi kembali. Jangan sampai masalah yang Anda alami berlarut-larut dan semakin sulit untuk diatasi. Ingatlah bahwa Tuhan selalu memberikan jalan keluar. Berusahalah terus untuk mencari jalan keluar tersebut dan jangan mudah putus asa. Lakukan secara bertahap hingga keadaan menjadi pulih kembali.

#5. Mencari Peluang Kembali

Di sekitar Anda masih banyak peluang bermunculan. Setelah Anda bisa bangkit, segera cari peluang lain untuk memperbaiki keadaan. Seperti kata pepatah, satu pintu tertutup, namun seribu pintu lain terbuka. Jadi, jangan terpaku pada satu pintu di mana Anda mengalami kegagalan tersebut. Masih banyak lagi pintu lain yang disediakan untuk Anda dan mempunyai peluang memberikan kesuksesan. Jangan takut untuk mencoba melalui jalan tersebut. Terlebih, merasa trauma untuk menjalankan bisnis. Perlu diingat bahwa untuk kesuksesan berbisnis tidak bisa dicapai dalam waktu sekejap. Dibutuhkan proses yang panjang dan tentu saja dengan berbagai pengalaman pahit dan getir. Sebab, dengan adanya kegagalan tersebut, Anda akan dilatih untuk tetap tenang, kuat, dan tidak mudah putus asa.

Dari kelima tips di atas, tips yang paling penting untuk Anda terapkan adalah pasrahkan semua permasalahan dan kegagalan Anda kepada Tuhan. Yakinlah bahwa Tuhan pasti mempunyai rencana indah di kemudian hari untuk kehidupan Anda. Dalam hal ini, yang terpenting Anda terus berusaha untuk bangkit dan memperbaiki keadaan. Masalah hasil, Tuhan yang menentukan. Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menghadapi kegagalan bisnis.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Strategi dalam Membangun Bisnis yang Wajib Anda Coba Agar Sukses"

  1. strateginya sih lumayan gan, coba dong gan kasih tau bisnis yang modal cuman 1 juta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnis yang paling simpel dan modalya ringan bahkan di bawah 1 satu juta juga bisa yaitu jualan pulsa dan jualan kuota internet

      Hapus