6 Tips Menciptakan Peluang Usaha yang Menjanjikan

Menciptakan peluang usaha harus Anda lakukan di zaman sekarang ini. Banyaknya pencari kerja yang tidak sebanding dengan banyaknya lapangan pekerjaan, membuat banyak pengangguran bermunculan, termasuk pengangguran berpendidikan tinggi. Dampak lebih lanjut dari permasalahan ini adalah banyaknya tindak kriminal dan rakyat miskin. Sebagai seorang sarjana, Anda tentu tidak akan menyia-nyiakan kemampuan intelektual Anda hanya dengan berdiam diri di rumah menunggu datangnya pekerjaan, bukan? Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan sebuah peluang usaha.


6 Tips Menciptakan Peluang Usaha yang Menjanjikan

1. Menciptakan Peluang Usaha dari Masalah Sekitar

Di lingkungan sekitar Anda, pasti banyak permasalahan yang muncul terkait dengan pemenuhan kebutuhan. Nah, asah kepekaan Anda dengan menganalisis kebutuhan apa saja yang menjadi permasalahan masyarakat di sekitar. Jadikan permasalahan tersebut sebagai ladang bisnis Anda. Siapkan produk yang bisa menjawab permasalahan tersebut. Dengan begitu, usaha Anda akan dapat berkembang karena sesuai dengan yang diinginkan masyarakat.

2. Menciptakan Peluang usaha dengan Menggeser Pesaing

Meskipun masih pebisnis pemula, Anda mampu menggeser pesaing dengan produk yang lebih sempurna. Untuk bisa memproduksi barang yang lebih sempurna dari barang sebelumnya, tentu dibutuhkan riset. Cari tahu kelemahan dan kekurangan produk milik pesaing, kemudian ciptakan produk senada dengan menutup kelemahan dan kekurangan tersebut.

3. Mendaftar Beberapa Peluang Usaha

Jika Anda memang mempunyai imajinasi tinggi dan menemukan beberapa ide produk baru, segera daftar ide-ide usaha Anda tersebut. Pilihlah beberapa peluang usaha yang menurut feeling Anda paling berpotensi memberikan keuntungan dan tulis dalam kertas besar. Berikan target waktu untuk masing-masing peluang hingga tercapai tujuan. Tempelkan daftar tersebut di tempat-tempat yang mudah Anda baca sehingga dapat menambah motivasi Anda untuk mencapainya.

4. Mulailah untuk Action

Ide tidak akan terwujud tanpa adanya action. Oleh karena itu, segera jalankan bisnis yang sudah Anda rencanakan tersebut. Jangan ragu akan segala hal yang mengganggu pikiran, seperti modal dan sebagainya. Perlu Anda ketahui, tidak selamanya modal menjadi kunci keberhasilan suatu usaha. Yang terpenting adalah ketekunan Anda dalam menjalankannya. Lakukan selangkah demi selangkah, setahap demi setahap. Jangan terburu nafsu untuk mencapai tujuan. Ingat, kesuksesan berbisnis membutuhkan proses yang tidak sebentar.

5. Jangan Takut untuk Mencoba

Setiap usaha pasti akan menghadapi suatu masalah dan kendala. Namun begitu, bukan berarti Anda harus mundur sebelum berperang. Jangan takut menghadapi semua rintangan yang akan menghadang Anda. Yakinlah bahwa setiap rintangan pasti akan ada jalan keluar, asalkan Anda terus berusaha dan tetap fokus dalam usaha Anda.

6. Mulai Menciptakan Kesuksesan

Saat sudah menjalankan sebuah usaha, mulailah untuk menciptakan kesuksesan-kesuksesan kecil dalam usaha Anda tersebut. Dalam hal ini, Anda tidak perlu terburu-buru untuk mencapai kesuksesan besar. Semua usaha pasti membutuhkan proses dari kecil hingga besar. Begitu juga kesuksesan yang akan menunggu Anda. Jangan mudah putus asa saat ada kendala yang menghambat usaha Anda.

Ternyata, menciptakan peluang usaha tidaklah susah, bukan? Anda tinggal mencari dan mengamati setiap celah yang bisa Anda jadikan ladang usaha ada di sekitar Anda. Yakinlah bahwa setiap usaha yang Anda kerjakan pasti akan berhasil. Semua sangat tergantung pada keberanian dan kemauan kuat Anda dalam berusaha. Ingatlah bahwa peluang bisnis tidak datang tiba-tiba. Anda harus bisa menciptakannya sendiri dan menjalankan tanpa kenal lelah. Bukankah menjadi bos sendiri lebih berharga daripada menjadi bawahan orang lain? So, jadilah pengusaha sukses dengan menciptakan peluang usaha.

Baca juga : Tehnik Jitu Investasi Ala Jutawan

Kenali Juga 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menjalankan Bisnis

Kesalahan yang sering dilakukan saat menjalankan bisnis memang terkadang tidak disadari oleh pelakunya. Itulah mengapa menjalankan bisnis bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bagi Anda yang menjalankan sesuai aturan, tentu akan mudah mencapai kesuksesan. Sebaliknya, bagi Anda yang sering melakukan kesalahan dalam berbisnis, akan mengalami kegagalan. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis hingga  membuat bisnisnya mengalami kegagalan.

1. Sikap Pengusaha

Banyak sikap pengusaha yang justru menjadi sumber kegagalan usahanya. Sikap seperti keras kepala, tidak berani mengambil risiko, paranoid, perfeksionis, dan tidak bisa menerima pendapat jelas akan menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Sebab, sifat-sifat seperti ini membuat pelakunya terkurung dalam pemikirannya sendiri dan tidak bisa berkembang. Ujung-ujungnya, kegagalan usaha yang akan didapatkan.

2. Disfungsi Manajemen

Bagian paling penting dalam sebuah usaha adalah manajemen. Jika manajemen yang ada di dalam perusahaan tidak berjalan lancar, jelas akan menghambat jalannya usaha. Hal ini semakin diperparah jika Anda tidak ada fokus, visi, misi, perencanaan, dan standar yang berlaku di perusahaan. Sudah dipastikan usaha Anda akan mengalami kegagalan.

3. Operasional yang Tidak Efisien

Biaya operasional pasti dibutuhkan saat menjalankan suatu usaha. Kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis pemula adalah tidak menghemat biaya operasional yang terjadi. Beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan sering dilakukan hanya karena masih memegang dana. Padahal, jika Anda bisa menghemat biaya tersebut, keuntungan perusahaan pasti akan bertambah. Ingat, jalannya suatu usaha tidak selalu di atas, terkadang di bawah sehingga membutuhkan dana cadangan.

4. Catatan Keuangan yang Buruk

Sebanyak apa pun proyek yang berhasil dilakukan, namun jika tidak diimbangi dengan catatan keuangan yang baik, tidak akan berjalan lancar. Keuntungan maupun kerugian tidak akan terdeteksi dengan jelas tanpa adanya catatan keuangan tersebut. Oleh karena itu, kontrol selalu keuangan bisnis Anda agar selalu berjalan lancar.

5. Tidak Memiliki Uang Cash

Perusahaan perlu menyediakan uang cash. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, yang mau tidak mau harus mengeluarkan uang saat itu juga. Belum lagi jika terjadi recovery karyawan, adanya tuntutan hukum, dan datangnya kompetitor. Kesemua kejadian tersebut akan membuat tekanan pada keuangan usaha dalam jumlah besar yang tidak mungkin dilakukan dengan cara berutang. Inilah pentingnya sebuah perusahaan mempunyai uang cash.

6. Perkembangan Usaha yang Tidak Terkontrol

Salah satu cara untuk mengembangkan usaha adalah dengan melakukan ekspansi. Semakin luas ekspansi yang dilakukan, diharapkan semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan. Namun, jika Anda tidak mampu mengontrol ekspansi usaha tersebut, justru kegagalan yang akan Anda dapatkan. Belum lagi jika Anda harus meminjam modal dalam rangka mempertahankan jalannya usaha. Kegagalan akan semakin menghimpit Anda.

7. Adanya Penurunan Pasar

Adanya penurunan pasar memang hal yang wajar dalam sebuah usaha. Sebab, tidak selamanya konsumen akan terus-menerus membeli produk Anda. Sebagai contoh produk buku, musik, dan sebagainya. Namun begitu, Anda bisa mengantisipasi sebelumnya dengan melakukan berbagai usaha atau inovasi. Sehingga, konsumen akan selalu mendapatkan produk baru meskipun secara garis besar masih sama. Namun, jika Anda tidak mampu mengantisipasi sebelumnya, sudah jelas usaha Anda akan terhambat.
Itulah beberapa kesalahan yang sering Anda lakukan tanpa sadar. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa menghindarinya. Tentu Anda tidak ingin mengalami kegagalan usaha hanya karena kesalahan yang sering dilakukan saat menjalankan bisnis, bukan?
Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Menciptakan Peluang Usaha yang Menjanjikan"

Posting Komentar